SATUAN
AKTIVITAS PEMBELAJARAN (SAP)
RUANG LINGKUP BIOLOGI
Satuan Pendidikan : SMAS
St. Thomas Aquinas
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester :
X/1
Alokasi Waktu : 15 x 45 menit (7,5 SKS/5 x pertemuan)
KOMPETENSI INTI:
KI -1 : Menghargai dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI-2 : Mengembangkan perilaku ( jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif, dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3 : Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode, sesuai kaidah
keilmuan.
KOMPETENSI INTI:
Materi Pokok
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Ruang Lingkup Biologi
|
1.1.
Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati,
ekosistem, dan lingkungan hidup.
|
1.
Memahami permasalahan
biologi dan memahami kompleksitas ciptaan Tuhan.
2.
Meyakini adanya
keteraturan dalam bioproses.
|
2.1 Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta,
disiplin, tanggung jawab,dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani
dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan,
gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan
kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam
melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar
kelas/laboratorium.
|
1. berperilaku ilmiah setiap melakukan diskusi dan percobaan.
2. menjelaskan cara bekerja dan bersikap ilmiah yang ditunjukkan seorang
ahli biologi.
|
|
3.1 Memahami
tentang ruang lingkup biologi (permasalahan pada berbagai obyek biologi dan
tingkat organisasi kehidupan), metode ilmiah dan prinsip keselamatan kerja
berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
|
1.
Mengurai resiko
kecelakaan di laboratorium.
2.
Merinci prosedur
keselamatan kerja di laboratorium.
3.
Mengidentifikasikan
objek yang dipelajari dalam Biologi.
4.
Mengidentifikasikan
cabang-cabang Biologi.
5.
Mengidentifikasi
tingkat organisasi kehidupan.
6.
Menjelaskan
peranan Biologi dalam kehidupan.
|
|
4.1 Menyajikan data tentang objek dan permasalahan
biologi pada berbagai tingkatan organisasi kehidupan sesuai dengan metode ilmiah
dan memperhatikan aspek keselamatan kerja serta menyajikannya dalam bentuk
laporan tertulis.
|
1.
Menerapkan
prosedur keselamatan kerja di laboratorium setiap melakukan percobaan
biologi.
2.
membuat laporan
hasil observasi dan hasil diskusi tentang prosedur keamanan dan keselamatan
kerja di laboratorium biologi.
3.
mejelaskan cara
pertolongan pertama di laboratorium apabila terjadi kecelakaan.
4.
Menyebutkan
langkah-langkah dari metode ilmiah.
5.
Memberikan contoh objek masalah Biologi pada
berbagai tingkat organisasi kehidupan.
6.
Menemukan
permasalahan biologi dan merancang penelitian untuk menemukan jawaban permasalahan
tersebut.
7.
Melakukan
penelitian sederhana untuk memecahkan masalah-masalah dalam Biologi.
8.
Membuat laporan
hasil penelitian sederhana dalam pemecahan masalah biologi dengan metode
ilmiah.
9.
Menjelaskan
manfaat hasil pemecahan masalah dengan metoda ilmiah.
|
PERTEMUAN I
A.
Tujuan
Melalui
kegiatan eksperimen, observasi literatur, tanya jawab dan diskusi, setelah
mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.
Menjelaskan karakteristik ilmu biologi sebagai bagian
dari sains.
2.
Menjelaskan kegiatan yang berkaitan dengan ilmu biologi.
3.
Menjelaskan kerja dan sikap ilmiah yang ditunjukkan
seorang ilmuwan biologi.
B.
Materi
Pembelajaran
Belajar
Biologi dengan Metode Ilmiah
C.
Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
Pendekatan
umum : scientific
Strategi
pembelajaran : keterampilan proses
Metode : observasi literatur
dan diskusi
D.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media : Powerpoint Unit 1 Ruang Lingkup
Biologi
2. Sumber : Buku
Advanced Learning Biology XA dan 6
jurnal ilmiah.
E.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Mengkondisikan
siswa untuk mulai belajar.
b. Apersepsi:
bertanya jawab tentang topik belajar biologi dengan metode ilmiah. Siswa
diminta menjawab Preview Test.
c. Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran tentang belajar biologi dengan metode ilmiah.
d. Guru
dapat menumbuhkan persepsi positif bahwa biologi bukan pelajaran hapalan, tapi
diperoleh melalui suatu proses. Oleh karena itu, siswa dapat diberi motivasi
dalam kegiatan mencari pengetahuan siswa perlu mengembangkan sikap obyektif,
disiplin, tekun, tanggung jawab dan meyakini kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.
2.
Inti
a. Pada
kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan
model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran.
Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
Siswa
memilih dan membaca 6 jurnal ilmiah. Masing-masing artikel yang berkaitan
dengan obyek permasalahan biologi, seperti kesehatan, lingkungan, makanan,
penyakit, dan sebagainya.
Menanya
Setelah
membaca jurnal ilmiah, tentu akan timbul pertanyaan dari siswa untuk
didiskusikan bersama dalam kelompok, misalnya:
1) Apa
isi jurnal tersebut?
2) Apakah
ada kaitan isi atau kegiatan dalam jurnal tersebut dengan biologi?
3) Termasuk
ke dalam cabang biologi apa, hal yang dibahas dalam jurnal tersebut?
4) Bagaimanakah
cara kerja para peneliti biologi bekerja dan menganalisis permasalahan seperti
yang dituangkan dalam jurnal?
Mengumpulkan data
Siswa
mengumpulkan berbagai informasi penting dari jurnal mengenai sistematik
penelitian dan tata cara penyajian hasil penelitian biologi. Siswa mengkaji
buku teks untuk menemukan tahapan metode ilmiah yang digunakan dalam penelitian
biologi.
Mengasosiasi
Siswa
dibimbing oleh guru mengolah dan menganalisis data hasil membaca jurnal dan
cara kerja para peneliti biologi bekerja dalam menganalisis permasalahan
seperti yang dituangkan dalam jurnal.
Mengkomunikasi
Setelah kesimpulan diskusi diperoleh, guru mempersilahkan
siswa untuk melaporkan hasil diskusi kelompok. Siswa menguraikan dan
mempresentasikan langkah-langkah ilmiah yang terdapat pada jurnal penelitian
yang diteliti, menanggapi dan berdiskusi mengenai metode yang digunakan dalam
penelitian ilmiah tersebut serta mengutarakan karakter ilmiah yang akan
berkembang dalam diri seorang peneliti.
b. Mendiskusikan
hasil laporan dan memberi kesempatan siswa untuk bertanya mengenai materi yang
bersangkutan.
3. Penutup
a. Mendorong
siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b. Mendorong
siswa untuk selalu disiplin dan peduli lingkungan ketika bekerja untuk ilmu
pengetahuan.
c. Memberikan
penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu
berkinerja baik.
d. Siswa
ditugaskan untuk mengerjakan Tugas 1.1
untuk pekerjaan rumah.
PERTEMUAN
II
A. Tujuan
Melalui kegiatan tanya jawab dan diskusi, setelah
mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1. Mengidentifikasikan
cabang-cabang Biologi.
2. Memberikan
contoh manfaat mempelajari biologi.
3. Menjelaskan
pentingnya IPTEK dalam perkembangan teknologi.
B. Materi Pembelajaran
1. Cabang-cabang
biologi
2. Manfaat
dari mempelajari biologi
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan
umum : scientific
Strategi
pembelajaran : keterampilan proses
Metode :
diskusi
D. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media : Powerpoint Unit 1 Ruang Lingkup
Biologi
2. Sumber : Buku
Advanced Learning Biology XA, literatur ilmiah, dan internet.
E. Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Pemusatan
perhatian dan pemotivasi. Mengilustrasikan manfaat biologi dalam kehidupan
seperti menggunakan biopredator untuk memangsa hama pada lahan pertanian.
b. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini mengenai manfaat mempelajari biologi
dan kaitan ilmu biologi dengan IPTEK.
2. Inti
a.
Pada kegiatan inti, guru dapat melakukan
kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model dan pendekatan yang telah
disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan
pada kegiatan berikut.
Mengamati
Siswa melakukan kajian pustaka untuk mengidentifikasi
cabangcabang
biologi.
Menanya
Setelah
menyimak penjelasan dari guru, tentu akan timbul pertanyaan untuk didiskusikan
bersama dalam kelompok, misalnya:
a) Apa
saja cabang-cabang Biologi yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari?
b) Pada
bidang apa saja. Biologi bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari?
c) Apa
contoh manfaat Biologi dalam kehidupan sehari-hari?
Mengumpulkan
Data
Untuk
menjawab rumusan masalah yang telah diidentifikasi bersama, siswa dibimbing
untuk diskusi. Kajian pustaka dapat berasal dari buku, jurnal ilmiah, atau
internet.
Mengasosiasi
Setelah
data diperoleh, siswa dibimbing oleh guru mengolah dan menganalisis data hasil
diskusi secara berkelompok. Guru meminta siswa untuk menyebutkan berbagai
manfaat biologi dalam kehidupan.
Mengkomunikasi
Setelah
kesimpulan diperoleh, maka setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi.
Kelompok lain diperkenankan untuk menyanggah, bertanya, atau memberi penguatan
laporan kelompok lain.
b. Mendiskusikan
hasil laporan dan memberi kesempatan siswa untuk bertanya mengenai materi yang
bersangkutan.
3.
Penutup
a. Mendorong
siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b. Mendorong
siswa untuk selalu jujur dan bertanggung jawab ketika bekerja untuk ilmu
pengetahuan. Mengingatkan siswa untuk bersyukur akan tubuh yang sehat sebagai
karunia dari Tuhan.
c. Memberikan
penghargaan (pujian dalam lisan, tulisan, atau bahasa tubuh seperti
mengacungkan jempol) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.
PERTEMUAN III
A.
Tujuan
Melalui kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi,
setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1. Mengidentifikasi
tingkat organisasi kehidupan.
2. Mengkategorikan
urutan tingkat organisasi makhluk hidup dari yang paling kecil hingga paling besar.
B.
Materi
Pembelajaran
Tingkatan organisasi kehidupan
C.
Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
Pendekatan
umum : scientific
Strategi
pembelajaran : keterampilan proses
Metode :
diskusi, dan eksperimen.
D.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media : Powerpoint
unit 1 Ruang Lingkup Biologi
2. Alat : Alat dan
Bahan untuk kegiatan Activity 1.1 di
halaman 12 seperti mikroskop, kaca objek, kaca penutup, pisau pemotong, pinset,
air akuades, berbagai jenis batang pohon kecil (lunak dan tidak berkayu) dari lingkungan
sekitar.
3. Sumber : Buku
Advanced Learning Biology XA, literatur ilmiah (buku atau jurnal),
internet, dan lingkungan sekitar.
1. .
E.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Pemusatan
perhatian dan pemotivasi belajar siswa mengenai kehidupan di Bumi yang tersusun
atas sistem organisasi kecil seperti molekul sampai sistem organisasi kehidupan
terbesar yaitu biosfer.
b. Apersepsi:
·
Adakah siswa yang dapat menerangkan organisasi bentuk
sel?
·
Contoh objek permasalahan Biologi apa yang dapat
ditemukan di lingkungan sekitar kita?
c. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini mengenai tingkatan organisasi
kehidupan.
2.
Inti
a. Pada
kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan
model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran.
Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
Mengamati
Gambar 1.3. mengenai ruang lingkup
biologi. Guru menjelaskan mengenai berbagai tingkat organisasi kehidupan, sel,
jaringan, organ, individu, dan komunitas.
Menanya
Setelah
menyimak penjelasan guru, tentu akan timbul pertanyaan pada siswa. Guru dapat
memotivasi siswa dengan memberi penghargaan pada siswa yang dapat mengajukan
pertanyaan dengan baik. Contohnya seperti tambahan nilai pada evaluasi.
Mengumpulkan
Data
Siswa
mengerjakan Activity 1.1 pada
halaman 12.
Mengasosiasi
Setelah
data diperoleh, siswa mengolah dan menganalisis mengenai perbedaan pada setiap
tingkat organisasi kehidupan. Kemudian menyimpulkan hasil analisis dan
pengolahan datanya.
Mengkomunikasi
Setelah
kesimpulan diperoleh, guru memberi arahan pada setiap kelompok untuk
mempresentasikan hasil kegiatan dan diskusi kepada kelompok lain dan salah satu
kelompok ditugaskan untuk menyimpulkan hasil presentasi dari berbagai kelompok.
b. Mendiskusikan
hasil laporan dan memberi kesempatan siswa untuk bertanya mengenai materi yang
bersangkutan.
4.
Penutup
a. Mendorong
siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b. Mendorong
siswa untuk selalu proaktif ketika bekerja untuk ilmu pengetahuan.
c. Memberikan
penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu
berkinerja baik.
PERTEMUAN IV
A.
Tujuan
Melalui kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi,
setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1. Menjelaskan
peranan biologi dalam kehidupan.
2. Memberikan
contoh masalah biologi pada tingkat organisasi kehidupan.
3. Melakukan
penelitian sederhana untuk memecahkan masalah-masalah dalam biologi.
B.
Materi
Pembelajaran
Contoh objek permasalahan biologi pada tingkatan
organisasi kehidupan.
C.
Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
Pendekatan
umum : scientific
Strategi
pembelajaran : keterampilan proses
Metode :
diskusi, dan eksperimen.
D.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media :
Powerpoint unit 1 Ruang Lingkup Biologi
2. Alat :. Alat dan Bahan untuk kegiatan
Activity 1.2 di halaman 22 seperti
air sungai atau air saluran limbah, mikroskop, kertas lakmus, dan jala
plankton.
3. Sumber : Buku
Advanced Learning Biology XA, literatur ilmiah (buku atau jurnal),
internet, dan lingkungan sekitar.
E.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Pemusatan
perhatian dan pemotivasi belajar siswa mengenai banyak contoh masalah biologi
dari beberapa tingkat organisasi kehidupan. Seperti penyakit karena Trypanosoma pada sel darah merah.
b. Apersepsi:
· Apa
contoh permasalahan Biologi pada tingkat organisasi kehidupan paling kecil?
· Apa
contoh permasalahan Biologi Tingkat organisasi kehidupan paling besar?
c. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini mengenai contoh permasalahan pada
beberapa tingkatan organisasi kehidupan.
2.
Inti
a. Pada
kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan
model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran.
Langkah-langkahnya, dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
Siswa
mengobservasi keadaan atau fenomena biologi di lingkungan sekitar (keadaan air
di lingkungan rumah dan sekolah).
Menanya
Setelah
menyimak dan mengamati contoh objek permasalahan Biologi di lingkungan sekitar,
tentu akan timbul pertanyaan seperti bagaimana tahapan metode untuk penelitian
tentang permasalahan biologi keadaan air di lingkungan sekitar?, Berbagai
peranan Biologi di bidang kesehatan, industri, dan lingkungan?
Mengumpulkan
Data
Siswa
mengerjakan Activity 1.2 pada
halaman 22.
Mengasosiasi
Menyimpulkan
hubungan teknologi yang bermanfaat bagi Biologi dan merumuskan penelitian
sederhana berdasarkan permasalahan yang ada dalam Activity 1.2.
Mengkomunikasi
Perwakilan
kelompok mempresentasikan hasil penelitian sederhana yang dilakukan. Apa
jawaban dari permasalahan biologi yang ditemukan, kemudian menjelaskan peranan
biologi di berbagai aspek kehidupan.
b. Mendiskusikan
hasil laporan dan memberi kesempatan siswa untuk bertanya mengenai materi yang
bersangkutan.
3.
Penutup
d. Mendorong
siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
e. Mendorong
siswa untuk selalu proaktif ketika bekerja untuk ilmu pengetahuan.
f. Memberikan
penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu
berkinerja baik.
PERTEMUAN V
A.
Tujuan
Melalui kegiatan eksperimen, tanya jawab, dan diskusi,
setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1. Memahami
risiko bekerja di laboratorium.
2. Mengurai
prosedur keselamatan kerja.
3. Menyebutkan
usaha pertolongan pertama pada kecelakaan.
B.
Materi
Pembelajaran
Keamanan dan Keselamatan Kerja di Laboratorium
C.
Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
Pendekatan
umum : scientific
Strategi
pembelajaran : keterampilan proses
Metode :
diskusi, dan eksperimen.
D.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media : Powerpoint unit 1 Ruang Lingkup Biologi
2. Alat : gambar dan charta peraturan di
laboratorium dan alat - bahan untuk kegiatan Activity 1.3 di halaman 32 alat tulis, lembar observasi, dan
laboratorium biologi.
3. Sumber : Buku
Advanced Learning Biology XA, literatur ilmiah (buku atau jurnal),
internet, dan lingkungan sekitar.
E.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a. Pemusatan
perhatian dan pemotivasi belajar siswa mengenai usaha keselamatan kerja di
laboratorium serta membangun peran aktif siswa dalam menjaga peraturan
laboratorium sebagai usaha menjaga keamanan dan keselamatan kerja di
laboratorium.
b. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini mengenai usaha keamanan dan
keselamatan kerja di laboratorium.
2.
Inti
a. Pada
kegiatan inti, guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan
model dan pendekatan yang telah disebutkan pada metode pembelajaran. Langkah-langkahnya,
dapat diintegrasikan pada kegiatan berikut.
Mengamati
Siswa
memperhatikan Gambar 1.32 mengenai
simbol-simbol pada label bahan kimia atau peraturan umum di laboratorium. Siswa
mengamati keadaan laboratorium di sekolah dan melakukan observasi mengenai
perlengkapan keselamatan dan pertolongan pertama di sana.
Menanya
Setelah
mengamati gambar dan membaca peraturan di laboratorium, tentu akan timbul
pertanyaan untuk didiskusikan bersama dalam kelompok, misalnya:
1) Mengapa
perlu ada upaya menjaga keselamatan kerja dalam bidang Biologi?
2) Apa
yang harus diperhatikan dalam melakukan kegiatan di laboratorium?
3) Peralatan
apa saja yang harus dipersiapkan dalam rangka penerapan keselamatan dan kemanan
kerja di laboratorium?
Mengumpulkan
Data
Proses
pengumpulan data dilakukan dengan cara kerjasama secara berkelompok melalui Activity 1.3 di halaman 32 dan
menuliskan data-data yang dibutuhkan di dalam lembar yang disediakan. Siswa
mengecek keberadaan peraturan di laboratorium dan pelaksanaan peraturan
tersebut.
Mengasosiasi
Setelah
data diperoleh, siswa dibimbing oleh guru mengolah dan menganalisis data pada Activity 1.3 melalui diskusi.
Bersama-sama siswa merundingkan macam risiko kecelakaan ketika bekerja di
laboratorium, hal yang harus dipahami dan dilaksanakan ketika sedang bekerja di
laboratorium dan menyebutkan usaha pertolongan pertama pada kecelakaan kerja di
laboratorium.
Mengkomunikasi
Setelah
kesimpulan diperoleh, maka setiap kelompok mempresentasikan hasil Activity 1.3. Siswa menguraikan
usaha-usaha pertolongan pertama pada kecelakaan di laboratorium,
mempresentasikan langkah-langkah ilmiah yang terdapat pada jurnal penelitian.
b. Mendiskusikan
hasil laporan dan memberi kesempatan siswa untuk bertanya mengenai materi yang
bersangkutan.
3.
Penutup
a. Mendorong
siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b. Mendorong
siswa untuk selalu proaktif ketika bekerja untuk ilmu pengetahuan.
c. Memberikan
penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu
berkinerja baik.
PENILAIAN
1. Teknik
dan bentuk instrumen
Kompetensi Inti
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Kompetensi
Inti I dan II
|
· Pengamatan Sikap
|
· Lembar Pengamatan Sikap Rubrik
|
Kompetensi
III dan IV
|
· Tes Unjuk Kerja
|
· Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
|
· Tes Tertulis
|
· Tes Uraian
|
|
· Portofolio
|
· Panduan Penyusunan Portofolio
|
2. Contoh
instrumen
a. Lembar
pengamatan sikap
1) Kompetensi
Inti I
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual siswa. Berilah
tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh
siswa, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan
dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama
Siswa : ………………….
Kelas
:
………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi
Pokok :
…………………..
No.
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Menambah rasa keimanan akan keberadaan dan kebesaran
Tuhan saat mempelajari tingkatan organisme kehidupan
|
|
|
|
|
|
2
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
|
|
|
|
|
3
|
Mengucapkan rasa syukur atas nikmat kesehatan dan
pengetahuan yang didapat dari pelajaran hari ini
|
|
|
|
|
|
4
|
Mengamalkan sika ptoleransi antar umat beragama
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor
|
|
|
|
|
|
Petunjuk Penyekoran :
Siswa
memperoleh nilai :
Baik
Sekali : apabila memperoleh skor 13 - 16
Baik :
apabila memperoleh skor 9 - 12
Cukup
: apabila memperoleh skor 5 - 8
Kurang
: apabila memperoleh skor 1 – 4
2) Kompetensi
Inti II
a) Peduli
Pedoman Observasi Sikap Peduli
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru/teman untuk menilai sikap sosial siswa dalam
kepedulian. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap kepedulian yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria
sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan
dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Siswa : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi
Pokok : …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Menjaga kerapihan dan kebersihan kelas
|
|
|
|
|
|
2
|
Suka menolong teman/orang lain
|
|
|
|
|
|
3
|
Kesediaan
melakukan tugas sesuai kesepakatan
|
|
|
|
|
|
4
|
Menghargai pendapat orang lain
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
Petunjuk
Penyekoran :
Siswa
memperoleh nilai :
Baik Sekali : apabila memperoleh skor 13 - 16
Baik : apabila memperoleh
skor 9 - 12
Cukup : apabila memperoleh skor 5 - 8
Kurang : apabila memperoleh skor 1 - 4
b) Tanggung
Jawab
Pedoman Observasi Sikap Tanggung Jawab
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial siswa dalam
tanggung jawab. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung
jawab yang ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering
melakukan sesuai pernyataan dankadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Siswa : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Melaksanakan tugas individu atau kelompok dengan baik
|
|
|
|
|
|
2
|
Menerima resikodari tindakan yang dilakukan
|
|
|
|
|
|
3
|
Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
|
|
|
|
|
|
4
|
Mengembalikan barang yang dipinjam
|
|
|
|
|
|
5
|
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
Petunjuk
Penyekoran :
Siswa
memperoleh nilai :
Baik Sekali : apabila memperoleh skor 16 - 20
Baik : apabila memperoleh
skor 11 - 15
Cukup : apabila memperoleh skor 6 - 10
Kurang
: apabila memperoleh
skor 1 - 5
c)
Disiplin
Pedoman Observasi
Sikap Disiplin
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial siswa dalam
kedisiplinan. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang
ditampilkan oleh siswa, dengan kriteria sebagai berikut :
Ya = apabila siswa menunjukkan
perbuatan sesuaiaspek pengamatan
Tidak = apabila siswa tidak
menunjukkan perbuatansesuai aspek pengamatan.
Nama Siswa : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi Pokok :
…………………..
No
|
Sikap yang
diamati
|
Melakukan
|
Ket.
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1
|
Masuk kelas tepat waktu
|
|
|
|
2
|
Mengumpulkan tugas tepat waktu
|
|
|
|
3
|
Memakai seragam sesuai tata tertib
|
|
|
|
4
|
Mengerjakan tugas yang diberikan
|
|
|
|
5
|
Tertib dalam mengikuti pembelajaran
|
|
|
|
6
|
Mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang
ditetapkan
|
|
|
|
7
|
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran
|
|
|
|
8
|
Membawa buku teks mata pelajaran
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
Petunjuk
Penyekoran :
Siswa
memperoleh nilai :
Baik Sekali : apabila terdapat 7 – 8 jawaban YA
Baik : apabila terdapat 5 – 6 jawaban YA
Cukup : apabila terdapat 3 – 4 jawaban YA
Kurang : apabila terdapat 1 – 2 jawaban YA
b. Lembar
tes unjuk kerja
1) Pertemuan
I
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Ya
|
Tidak
|
Ket.
|
1
|
Keterampilan
membuat preparat
|
|
|
|
2
|
Keterampilan menggunakan mikroskop
|
|
|
|
3
|
Pemahaman
prosedur kegiatan
|
|
|
|
4
|
Keterampilan mempresentasikan hasil pengamatan dan
penjelasan uraian dengan cara yang menarik
|
|
|
|
5
|
Mampu mengajukan permasalahan (Pertanyaan, ide,
gagasan, dan argumentasi)
|
|
|
|
6
|
Mampu menyajikan penyelesaian dari Suatu permasalahan
|
|
|
|
Petunjuk
Penyekoran :
Siswa
memperoleh nilai :
Baik : apabila terdapat 5 – 6 jawaban YA
Cukup : apabila terdapat 3 – 4 jawaban YA
Kurang : apabila terdapat 1 – 2 jawaban YA
2)
Pertemuan IV
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Ya
|
Tidak
|
Ket.
|
1
|
Keterampilan menggunakan mikroskop
|
|
|
|
2
|
Ketelitian menggunakan alat ukur pH, warna, kekeruhan,
detergen, dan organisme
|
|
|
|
3
|
Pemahaman
prosedur kegiatan
|
|
|
|
4
|
Keterampilan mempresentasikan hasil pengamatan dan penjelasan
uraian dengan cara yang menarik
|
|
|
|
5
|
Mampu mengajukan permasalahan (Pertanyaan, ide,
gagasan, dan argumentasi)
|
|
|
|
6
|
Mampu menyajikan penyelesaian dari Suatu permasalahan
|
|
|
|
Petunjuk
Penyekoran :
Siswa
memperoleh nilai :
Baik : apabila terdapat 5 – 6 jawaban YA
Cukup : apabila terdapat 3 – 4 jawaban YA
Kurang : apabila terdapat 1 – 2 jawaban YA
3)
Pertemuan V
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Ya
|
Tidak
|
Ket.
|
1
|
Pemahaman tata tertib di laboratorium
|
|
|
|
2
|
Teliti dalam mengamati keadaan laboratorium
|
|
|
|
3
|
Mamahami peraturan kerja di laboratorium
|
|
|
|
4
|
Keterampilan mempresentasikan hasil pengamatan dan
penjelasan uraian dengan cara yang menarik
|
|
|
|
5
|
Mampu mengajukan permasalahan (Pertanyaan, ide,
gagasan, dan argumentasi)
|
|
|
|
6
|
Mampu menyajikan penyelesaian dari Suatu permasalahan
|
|
|
|
Petunjuk Penyekoran :
Siswa memperoleh nilai :
Baik :
apabila terdapat 5 – 6 jawaban YA
Cukup :
apabila terdapat 3 – 4 jawaban YA
Kurang :
apabila terdapat 1 – 2 jawaban YA
c.
Lembar tes tertulis
1)
Jelaskan apa yang dimaksud dengan Biologi.
2)
Sebutkan 3 contoh cabang ilmu biologi beserta objek kajiannya.
3)
Jelaskan
apa yang dimaksud dengan individu, populasi, dan komunitas. Berikan
masing-masing satu contohnya.
4)
Sebutkan
dua peranan Biologi dalam bidang kesehatan.
5)
Sebutkan
dua contoh penyalahgunaan ilmu Biologi dalam kehidupan.
d.
Lembar penilaian laporan hasil penelitian
No.
|
Perencanaan Penelitian
|
Hasil Penelitian
|
Skor
|
1
|
Perumusan masalah penelitian
|
|
5
|
2
|
Perumusan hipotesis
|
|
5
|
3
|
Perumusan tujuan penelitian
|
|
5
|
4
|
Perumusan judul penelitian
|
|
5
|
5
|
Perumusan prosedur penelitian /
langkah penelitian
|
|
20
|
6
|
|
Tinjauan pustaka
|
20
|
7
|
|
Hasil penelitian dan pengolahan
|
30
|
8
|
|
Kesimpulan
|
10
|
TOTAL
|
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah
Kanisius Sara, S.Ag.
NIP
|
….…..
, Juli, 2015
Guru
Mata Pelajaran
Martinus Gawi, S.Pd
NIP
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar