BERITA UMUM

Sabtu, 22 Februari 2014

REAKSI GELAP PADA FOTOSINTESIS



Reaksi Gelap ( Berlangsangsung di dalam Stroma )
Pada reaksi gelap terjadi pembentukan karbohidrat ( glukosa ) dengan menggunakan energy berupa ATP dan NADPH2 yang dibentuk pada tahap reaksi terang.
Siklus zat pada reaksi gelap ditemukan oleh Melvin Calvin dan Andrew Benson, sehingga sering disebut Siklus Calvin-Benson. Rangkaian reaksi dalam siklus Calvin-Benson dapat dibagi menjadi 3 tahap, antara lain :

a.       Fase Fiksasi CO2 ( Karboksilasi )
Tahap awal  dari reaksi ini adalah terjadi pengikatan atau penggabungan  CO2  dari udara dengan senyawa organic yang mengandung 5C yaitu Ribulosa Difosfat ( RDP/RuBP ). Untuk pengikatan CO2 dan reaksi-reaksi berikutnya diperlukan energy. Energi tersebut diperoleh dari pemecahan ATP dan NADPH2 yang merupakan hasil reaksi terang.
Penggabungan RDP dan CO2 akan membentuk senyawa organic 6C yang tidak stabil dan akan segera pecah menjadi dua senyawa yang mengandung 3C, yaitu Asam fosfogliserat ( APG ) atau Phoshphoglicerite Acid ( PGA ). RDP merupakan molekul yang terdapat di dalam tumbuhan hijau yang mampu mengikat CO2.
 b.      Fase Reduksi
Pada tahap ini terjadi reduksi molekul PGA dengan menggunakan Hidrogen yang berasal dari NADPH2 dan energy dari ATP  hasil reaksi terang.
Hasil dari tahap ini adalah senyawa organic 3C yang disebut Phosphogliceraldehyde  ( PGAL ). Pada setiap siklus dihasilkan atau dibentuk 6 molekul PGAL ).
c.       Fase Regenerasi
Pada fase ini akan dibentuk kembali molekul RDP ( regenerasi molekul RDP ) untuk mengikat CO2, sehingga proses fotosintesis berlangsung kembali
Dari 6 molekul PGAL yang dibentuk pada tahap 2, maka 5 molekul PGAL kembali membentuk RDP, sehingga hanya satu molekul PGAL  yang merupakan hasil reaksi gelap.
1 molekul PGAL  akan membentuk molekul  glukosa ( 6C ). Selanjutnya glukosa bergabung membentuk  amilum ( C6H10O5 )n.
Terbentuknya amilum dalam sel-sel daun menyebabkan meningkatnya nilai tekanan osmosis sel-sel daun. Oleh sebab itu glukosa bersifat osmosis aktif. Oleh karena itu glukosa diubah menjadi amilum yang bersifat osmosis inaktif.


Kesimpulan :
1.       Reaksi fotosintesis berlangsung secara bertahap
2.       Reaksi terang berfungsi untuk menghasilkan NADPH2 dan ATP  yang akan digunakan pada fiksasi CO2
3.       Gas oksigen sebagai hasil pemecahan air ( fotolisis ) yang terjadi pada saat reaksi terang
4.       Karbohidrat merupakan hasil fiksasi CO2 dan hydrogen yang terjadi pada saat reaksi gelap. Pada reaksi gelap dihasil glukosa dan regenerasi RDP. Dengan demikian reaksi pengikatan CO2 dalam fotosintesis akan berlangsung dengan baik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar