BERITA UMUM

Minggu, 23 Februari 2014

PERUBAHAN SITE PLAN RKB BANSOS 2013



KRONOLOGIS PERUBAHAN SITE PLAN PEMBANGUNAN RUANG KELAS BARU

SMAS St. Thomas Aquinas adalah sebuah lembaga pendidikan swasta yang dikelolah oleh Yayasan Mardi Wiyata milik para Frater Kongregasi Maria Bunda Hati Kudus.
Kondisi sekolah di tahun pelajaran 2013/2014, jumlah peserta didik seluruhnya adalah 841 orang. Dari jumlah yang ada kalau dipetakan berdasarkan rombongan belajar menurut peraturan pemerintah, maka jumlah rombongan belajar seluruhnya adalah 27(Dua Puluh Tujuh). Sementara jumlah ruang kelas yang tersedia hanya berjumlah 19(Sembilan Belas). Dengan demikian maka terjadi kekurangan ruang kelas sebanyak 8(Delapan). Dengan kondisi ini,  maka sementara ditanggulangi dengan cara mengatur waktu kegiatan belajar mengajar menjadi pagi hari dan siang hari. Oleh karena itu 18 rombel (Khusus Kelas X dan XII) melaksanakan kegiatan belajar mengajar di pagi hari, sedangkan 7 (Tujuh) rombongan belajar melakasanakan kegiatan belajar mengajar pada siang hari ( Khusus Kelas XI).

Sementara waktu berjalan SMAS St. Thomas Aquinas mendapat bantuan Ruang Kelas Baru dari Bansos SMA tahun 2013 sebanyak 2 (Dua) paket, bantuan Ruang Baru Dari DAK (Dana Alokasi Khsusus) sebanyak 3(Tiga)  paket.
Dengan adanya bantuan ruang kelas baru dari dua sumber ini, maka melalui rapat Dewan Guru tanggal 19 September 2013 disepakati untuk mengajukan proposal permohonan bantuan penambahan runga kelas baru sebanyak 3(Tiga) ke Yayasan Mardi Wiyata. Dengan demikian jumlah ruang kelas baru yang sedang dikerjakan sekarang berjumlah 8 (delapan ).

Dengan kondisi ini dan mempertimbangkan tata letak bangunan di lokasi sekolah, maka Site Plan Ruang Kelas Baru yang semulanya dibangun dengan 1(Satu) lantai diganti dengan site plan yang baru dengan konstruksi  baja 2(Dua) lantai. Jadi Site plan awal seperti yang dilampirkan bersamaan dengan proposal hasil review di Bandung 30 Agustus s/d 1 September 2013 yang telah kami kirimkan kembali ke alamat Direktur Pembinaan SMA u/p Subdit Sarana dan Prasarana Direktorat Pembinaan SMA diganti dengan site plan baru dengan kosntruksi baja bangunan berlantai dua. Perubahan ini sudah dikonfirmasikan ke hotline bantuan sosial melalui (Ibu Yuyun Wahyuni – 081282813939) Direktorat Pembinaan SMA tanggal 21 Nopember 2013 jam 10.30 WIT. Dan sebagai responnya pihak sekolah diharuskan untuk mengirimkan proposal perubahan site plan sebagai review atas site plan yang pertama dan secepatnya dikirimkan ke Direktorat pembinaan SMA.

Dengan perubahan site plan baru ini, maka perlu kami jelaskan pula bahwa;  dikonstruksi lantai satu terdapat dua ruang kelas baru yang merupakan bantuan Bansos SMA 2013. Melalui kesempatan ini juga perlu kami jelaskan bahwa bangunan dengan konstruksi baja berlantai dua ini menggunakan alokasi dana yang terakumulasi dari tiga sumber dengan rincian sebagai berikut :
·      Dana dari Bansos SMA 2013 sebesar         Rp. 339.722.000.-
·      Dana DAK Pemerintah Daerah sebesar       Rp. 280.500.000.-
·      Dana Dari Yayasan Mardi Wiyata sebesar   Rp. 1.129.778.000.-
Dengan demikian masalah kekurangan ruang kelas sudah bisa teratasi dengan pembangunan 8 paket ruang kelas baru ini. Demikian gambaran kronologis perubahan site plan yang kami sampaikan ini, atas pengertian baik dan kerja samanya, kami haturkan limpah terima kasih.

Foto Gedung Baru Bansos RKB Tahun 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar